Friday 10 April 2015

AutoCAD dan Mesin CNC yang tak bisa di pisahkan

Mesin cnc – mesin cnc bisa dibilang salah satu mesin bubut dengan tingkat kerumita parts paling tinggi di kelasnya, karena memang mesin cnc dapat di andalkan untuk membuat benda kerja secara presisi serta mampu melakukan interpolasi yang di arahkan secara numerik / komputer berdasar angka-angka dan rumus. Tingkat ketelitian dan pengerjaan mesin cnc sendiri memang bisa dibilang sangat akurat karena adanya penggunaan ballscrew pada tipa porosnya. Jika dahulu kala mesin CNC hanya mampu di operasikan melakui kabel, lama kelamaan teknologi pun berkembang. Seiring perkembangan zaman yang kian pesat maka konsep dari pengoperasian mesin cnc pun berubah secara drastis..mulai dari pengoperasian via kabel, flopy disk, Gambar skala hingga yang paling mutakhir saat ini via internet.


Dalam pemanfaatannya biasanya mesin cnc di operasikan oleh seorang operator profesional, operator ini bisa lebih di sebut seorang programer mesin karena memang pada prakteknya sang operator harus mengerti betul bagaimana membuat struktru perintah untuk menggerakan Mesin cnc otomatis.  Seorang operator mesin cnc biasanya harus mengenal dan memiliki kemampuan penguasaan sistem koordinat dengan baik, ada 3 sistem koordinat pada mesin cnc yang harus di kuasai antara lain :
  • ·         Koordinat Kartesius : terdiri atas sistem mutlak dan relatif
  • ·         Koordinat Kutub : terdiri atas sistem yang mutlak, relatif dan polar.
Ketiga sistem koordinat di atas mempunyai pemahaman prinsip kerja yang berbeda-beda, karena gerakan sumbu utama pada mesin cnc sangat di pengaruhi oleh kedua sistem tersebut. Nah yang tak kalah penting dari sebuah sistem operasi pada mesin CNC adalah software kerja. Software kerja ini meliputi beberapa proses seperti perintah hingga bagian pengukuran, biasanya software yang paling sering di gunakan dalam pemanfaatnya adalah AutoCAD. Software AutoCAD merupakan program aplikasi yang digunakan untuk menggambar dan membuat desain, seperti untuk pemodelan, membuat gambar arsitektur, mesin, sipil, elektro, manufaktur, dan lain-lain. Dengan Software AutoCAD, proses desain menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Software AutoCAD mempunyai fasilitas yang sangat lengkap

Tak hanya sampai di situ, untuk membuat Software AutoCAD dapat terbaca oleh mesin cnc di butuhkan sebuah perangkat lunak komputer yang juga berbasis CAD/CAM, adalah MasterCAm X sebuah perangkat yang memungkinkan penggunaanya untuk mentranslasikan gambar dari AutoCad menjadi suatu perintah khusus pada mesin CNC. Perangkat ini biasa di gunakan untk memanipulasi ukuran, rekayasa bentuk hingga merubah konsepp, dengan begitu pekerjaan benda berat yang menggunakan Mesin cnc akan terasa lebih mudah, cepat dan presisi.

No comments:

Post a Comment