Wednesday 8 July 2015

Elemen Penting Yang Harus Ada Pada Kemasan Snack



Makanan ringan atau snack masih memiliki peluang yang begitu besar. Segment pasar yang tidak hanya terpaku pada anak-anak saja membuat bisnis makanan ringan banyak bermunculan. Dengan bahan olahan yang sama, mereka berlomba-lomba menjajakan dagangannya. Dengan bermodal promosi melalui kemasan snack, produsen berharap produk makanan ringannya disukai para konsumen. Memang benar jika bisnis makanan ringan (snack) ini harus memperhatikan kemasannya. Mengingat kemasan snack inilah yang akan menjadi daya tari para konsumen.


Sayangnya masih banyak pelaku usaha kecil menengah yang kurang memperhatikan kemasan snack ini. Sehingga kemasan hanya sekedar 'tempat atau wadah' untuk menaruh makanan saja. Padahal, dari kemasan inilah produk mereka mudah dikenal oleh para konsumen.

Untuk itu jangan sampai salah dalam mendesain kemasan, pastikan elemen penting berikut ini ada di dalam kemasan snack produk Anda.

1. Nama Makanan Anda / Brand
Brand adalah nama produk makanan ringan Anda. Elemen ini wajib ada, karena ini adalah identitas utama Anda. Bayangkan jika snack yang Anda jual rasanya enak, bikin ketagihan, tapi di dalam kemasan tidak ada namanya. Tentu ini akan membuat konsumen Anda bingung ketika akan membeli lagi. Tadi itu nama snacknya apa ya? Selain itu dengan memunculkan brand di kemasan snack juga mengantisipasi produk Anda di tiru oleh pihak lain.

2. Data Komposisi Makanan
Bisnis makanan ringan sangat penting untuk menampilkan informasi yang satu ini. Ya, komposisi makanan sangatlah perlu untuk ditampilkan di kemasan. Di sinilah konsumen bisa mendapatkan informasi tentang bahan-bahan yang Anda buat untuk membuat snack tersebut. Sehingga konsumen tidak was-was ketika mengkonsumsi snack Anda. Bayangkan jika tidak ada informasi komposisi, bisa jadi konsumen berpikiran snack Anda terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Tentu ini sangat fatal.

3. Informasi Tanggal Produksi & Kadaluwarsa
Sering kali produk snack UKM kurang memperhatikan elemen ini di kemasan snacknya. Meskipun snack yang dibuatnya mampu bertahan lama, tetap harus menampilkan informasi tanggal kadaluwarsanya. Dengan menampilkan kadaluwarsa ini artinya Anda sebagai produsen memperhatikan betul kualitas produk dan tentunya kesehatan konsumen. Apa Anda mau konsumen memakan snack Anda yang sudah kadaluwarsa? Tidak kan.

4. Informasi Produsen
kemasan snack Anda juga harus menampilkan data produsen yang membuat snack tersebut. Data produsen ini selain bisa digunakan sebagai tanda pengenal perusahaan Anda juga sebagai bentuk tanggung jawab Anda kepada konsumen. Konsumen berhak mengetahui makanan yang ia konsumen dibuat oleh siapa dan darimana. Sediakan juga layanan konsumen atau pengaduan.

5. Sertifikat Halal
Bisnis makanan memang sangat mudah, namun juga harus mengacu pada kesehatan. Selain itu, jangan lupa memberikan informasi Halal dari MUI jika Anda ingin produk snack Anda ingin lebih dipercaya lagi oleh konsumen.

Jangan sembarangnya mendesain kemasan snack, pastikan di dalamnya sudah termuat elemen-elemen di atas. Anda juga bisa menambahkan elemen seperti berat bersih (netto), nomor legalitas produksi, dan kode produksi.
0

No comments:

Post a Comment