Friday 20 November 2015

Jenis-jenis Mesin Bubut



Mesin bubut merupakan perkakas yang digunakan untuk memotong atau membentuk benda kerja, penggunaannya adalah dengan memutar pedal untuk menghasilkan bentuk. Digunakan juga untuk membentuk benda yang penampangannya berbentuk silindris seperti, poros lurus, poros bertingkat, poros tirus, poros beralur, poros beruril, dan permukaan benda silindris lainnya (anak buah catur) Bubut sendiri berarti cara memotong benda kerja dengan cara disayat, dilakukan dengan memutar benda kerja untuk kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan dari sumbu putar benda kerja. Teknik memutar dari mesin bubut ini cukup relatif dan harus sejajar pada sumbu putar.




Ada banyak jenis mesin bubut yang biasa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Mesin bubut awalnya berbentuk sederhana, kemudian berkembang menjadi lebih modern. Jenis-jenis mesin bubut bermacam-macam. Pertama, mesin bubut konvensional, pada dasarnya bagian-bagian pada mesin bubut konvensional ini sama dengan mesin bubut pada umumnya. Biasanya perbedaannya hanya pada letak bagian-bagiannya saja. Mesin ini juga menghasilkan benda kerja yang berbentuk silinder. Pada mesin bubut konvensional, dilakukan dua mekanisme eretan, yaitu eretan melintang dan eretan atas. Cara pemasangan kedua eretan tersebut adalah dipasang secara manual dengan handle, begitu juga yang otomatis maupun langsung. Hasil dari pengerjaan dengan mesin bubut konvensional ini adalah membuat ulir, membuat eksentrik, membuat copy, membuat rata, membuat bertingkat dan dalam. Kedua, mesin bubut CNC (Computer Numerically Control Lathe Engine) – CNC Machine (Pengendalian secara numerik). Cara kerja mesin ini adalah lebih modern dibandingkan dengan mesin bubut konvensional. Mesin ini memanfaatkan teknologi dalam pengaplikasiannya. Pertama, mesin ini menggunakan program (software) komputer untuk mengendalikan mesin. Program ini tentunya berisi tentang instruksi-instruksi yang dikodefikasikan dalam bentuk alogaritma matematis dan disebut sebagai kendali numerik. Mesin ini akan bekerja otomatis sesuai dengan instruksi yang datanya telah tercantum dalam program. 

Selain mesin bubut konvensional dan mesin bubut CNC (mesin bubut modern) terdapat juga jenis mesin bubut lainnya yaitu, Instrumen Lathe Engine ( mesin bubut instrumen). Mesin ini biasanya digunakan untuk memproduksi benda kerja yang ukurannya kecil namun dalam jumlah yang banyak (mass product). Bench Engine Lathe ( mesin bubut meja). Mesin bubut ini digunakan untuk memproduksi benda kerja yang ukurannya lebih besar dan mesin ini diletakkan di meja. Standard Engine Lathe (mesin bubut standar), mesin ini adalah yang paling standar dan bisa digunakan untuk memproduksi benda kerja yang jumlahnya cukup besar dan lebih panjang.

Dari sekian jenis Mesin bubut yang ada dan digunakan sampai saat ini, Standard Engine Lathe (mesin bubut standar) dan mesin bubut CNC (Computer Numerically Control Lathe Engine) adalah yang cukup sering digunakan dalam duni industri, karena lebih banyak produksinya dan lebih efisien.

No comments:

Post a Comment