Monday 16 November 2015

Variasi Bentuk dan Kemasan Vakum Sealer



Vakum Sealer



Vakum Sealer - Bahan produk pertanian memiliki bentuk yang tidak homogen atau tidak dalam bentuk yang teratur dan terpola. Bentuk yang dimiliki oleh bahan industri pangan cenderung berubah ubah dan memiliki banyak variasi bentuk. 
 

Oleh karena itu umumnya industri berusaha mengelompokan bahan – bahan tersebut menjadi sebuah kelompok yang seragam, kegiatan ini disebut sortasi. Sortasi menentukan perlakuan apa saja yang akan dilakukan pada bahan, seperti pada perlakuan proses maupun perlakuan penyimpanan. Setelah melewati proses sortasi dan pengolahanpun masih banyak ditemukan ketidak seragaman pada bahan. 
Keseragaman kadang tak bisa dipaksakan untuk diterapkan pada bahan pangan, oleh karena itu muncul ide dimana bentuk dari kemasannya sendiri  yang mengikuti bentuk dari bahan tersebut. Bentuk kemasan dalam vakum sealer pun beragam mulai dari besar kecil dan media penutupan akses udara.

Pengemasan dan penentuan ukuran kemasan telah melewati berbagai proses untuk memastikan semua prosedur dilakukan secara tepat. Proses itu didukung oleh sumber daya mesin pembuat kemasan vakum sealer yang dirancang sedemikian rupa agar kesalahan dapat diminimalisir. Mesin – mesin tersebut dirancang dengan memperhatikan berbagai aspek untuk mencapai nilai ke efektifan tertinggi. Efektifitas menentukan berbagai lini produksi, dimana tanpa efektifitas maka sebuah perusahaan akan mengeluarkan  biaya yang lebih, dimana berarti sebuah perusaahaan akan mengalami kerugian. Sedangkan tinggi rendahnya laba perusahaan menjadi indikator seberapa maju perusahaan tersebut.

Untuk mengakali perbedaan kemasan vakum sealer  maka diciptakan mesin – mesin yang dapat membantu proses pengemasan itu sendiri. Mulai dari yang portabel untuk industri kecil rumahan sampai mesin dengan ukuran besar untuk industri skala besar. Tidak hanya kemasan,bahan pun secara maksimal dilakukan penyeragaman ukuran sehingga potensi tidak terkemas dengan baiknya akan berkurang. Penyeragaman dapat dilakukan dengan pemotongan maupun cara – cara lainnya, dengan syarat bahwa penyeragaman tersebut tidak akan mengurangi nilai gizi dan ekonomi dari bahan tersebut. Nilai gizi dan ekonomi bahan merupakan hal yang paling fundamental yang harus dipertahankan dari sebuah bahan.

Inti dari variasi bentuk vakum sealer adalah sebuah usaha dari pelaku industri untuk mengemas bahan dengan lebih baik serta menghasilkan ukuran kuantitas bahan yang pas untuk masyarakat. Khusus penentuan pas tidaknya kuantitas bahan perlu diakukan riset yang intensif untuk menentukan kuantitas bahan yang harusnya di produksi. Pengemasan bahan dengan ukuran yang pas dapat memperkecil rongga udara dalam kemasan yang secara tidak langsung dapat memperpanjang usia bahan. Pasar pada umumnya pasar memiliki kebutuhan akan variasi bahan bahan yang berbeda ukurannya. Maka dari itu penentuan ukuran harus disesuaikan dengan keadaan pasar, dimana penyesuaian dapat dilakukan dengan mengamati langsung lapangan.

No comments:

Post a Comment