Friday, 21 July 2017

Tips Gampang Membuat Rendang Tahan Lama Hingga Setahun

Mesin - Siapapun pasti setuju apabila rendang di nobatkan sebagai salah satu makanan paling enak di dunia. Rasanya hal tersebut memang tak berlebihan mengingat cita rasa yang dimiliki oleh makanan olahan daging ini tergolong khas dan enak. Nah rendang sendiri di buat dari berbagai macam racikan bumbu sederhana, walau mudah di olah tetapi perlu kesabaran ekstra untuk mendapatkan rendang yang enak dan ideal.


Rendang di kenal akan bumbunya yang agak berminyak,bersantan dan pedas, nah bahan dasar dari rendang sendiri yang di gunakan adalah Santan kelapa. Santan kelapa memberikan varian rasa gurih yang sedap pada olahan rendang. Sayangnya karena menggunakan santan kelapa maka bisa dibilang daya tahan rendang jadi kurang begitu awet. Jika anda memasak rendang dan ingin di simpan, maka hal ideal yang harus anda lakukan adalah menggunakan wadah makan kedap udara lalu memasukannya ke dalam lemari pendingin.

Hal tersebut tentunya sudah lebih dari cukup, sayangnya bagi sebagian orang ketahanan dari cara tersebut hanya bisa bertahan 5-6 hr saja. Setelahnya kondisi rendang akan berubah baik dari warna hingga rasa. Nah untuk mengakali daya tahan rendang agar lebih tahan lama, ada cara lain yang bisa anda lakukan. 

Solusi paling mudah adalah menggunakan kemasan vakum (kedap udara), kemasan yang mempunyai material dasar PET dan nylon ini sangat mudah di dapatkan. Ketahanannya cukup baik untuk menyimpang makanan jenis apapun yang mudah basi. Namun gak hanya plastik vakum saja yang harus anda siapkan, anda membutuhkan alat lain yang gak kalah penting. Yakni mesin kemasan vacuum sealer. Mesin ini mempunyai fungsi untuk merekatkan sekaligus meyedot volume udara yang ada pada isi kemasan vakum. Hasilnya? Anda bisa menyimpan daging rendang anda lebih lama yakni hingga sebulan.


Apakah hanya selama itu? Owh tentu saja tidak, ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang umur rendang yang telah di vacuum tadi. Untuk menambah daya tahan rendang agar lebih lama adalah dengan mengkukusnya. Metode ini di percaya bisa membuat rendang bertahan lama hingga 1 tahun lamanya. Lho kok bisa? Oke berikut teorinya 

“Yang membuat basi itu mikroba yang hidup, kalau udara dan air dihilangkan serta dilakukan strelisasi dengan sistem ultra panas tingkat tinggi dan tekanan yang tinggi, mikorba akan mati semua.”

Oleh karenanya anda memang membutuhkan plastik kemasan dan mesin kemasan vacuum yang membuat rendang simpanan anda bisa bebas dari mikroba serta udara yang buruk. Nah begitulah kurang lebih tips dan trik membuat makanan rendang menjadi lebih awet secara alami bebas dari kandungan kimia.

Oke semoga info ini berguna untuk anda

No comments:

Post a Comment