Wednesday 21 February 2018

Membuat Adonan Tanpa Mesin Gilingan Bakso



Membuat Adonan Tanpa Mesin Gilingan Bakso


Mesin gilingan bakso memiliki peranan penting dalam menjadikan adonan bakso lebih maksimal. Mesin gilingan bakso bertujuan untuk menjadikan adonan lebih halus dan teraduk rata. Mesin ini dapat menghemat waktu untuk membuat bakso. Gilingan bakso ini biasanya dimanfaatkan para produsen bakso yang cukup terkenal. 

Bagi produsen besar, menggunakan mesin gilingan bakso selain menghemat waktu juga mengemat tenaga. Langkah hemat tersebut tentu akan semakin membuat produksi bakso lebih besar per harinya. Dengan demikian, stok persiapan bakso pun lebih banyak. 



Mesin gilingan bakso dioperasikan saat adonan telah dipersiapkan. Terutama daging yang sudah digiling atau dihancurkan. Daging yang tidak digiling akan menyulitkan proses pencampuran adonan dengan bahan-bahan lainnya.  

Apalagi bagi Anda ibu rumah tangga terkadang penasaran mencari cara membuat bakso sendiri di rumah. Pasti akan memutar otak bagaimana caranya daging tersebut harus halus. Pasalnya, untuk sekali pembuatan bakso jika sampai membeli mesin gilingan bakso tentu akan menjadi pemborosan tersendiri. Kecuali jika Anda ingin melanjutkan usaha untuk membuka bisnis bakso.

Ada cara unik untuk menggiling daging dan menghasilkan adonan yang memuaskan, yaitu menggunakan pisau. Ettz, tapi tidak sembarang pisau yang dapat Anda gunakan. Gunakanlah pisau dapur dengan ukuran sedang yang memiliki ketajaman yang pas untuk daging. 

Karena menggunakan pisau, berarti teknik yang dikerjakan adalah mencacah daging bukan menggiling. Berikut langkah-langkah membuat adonan tanpa menggunakan mesin gilingan bakso

1.      Sebelum daging dicacah, buang serat daging dengan perlahan. Setelah membuang serat, cacah daging dengan kasar. Lalu hasil cacah tersebut potong lagi menggunakan pisau kecil cacahan daging sampai habis.
2.      Siapkan bawang putih mentah dan yang sudah digoreng. Geprek bawang putih mentah untuk persiapan dicampurkan dengan daging yang sudah dicacah tadi.
3.      Nah, saatnya menggiling adonan. Tanpa mesin gilingan bakso, Anda bisa menggunakan Wet Mill. Wet Mill adalah bagian blender yang kecil untuk menghaluskan bumbu atau makanan basah.
4.      Masukkan 2-3 sendok daging yang sudah dicacah, bawang putih geprek, bawang putih goreng, lada, garam, dan penyedap rasa (jika dibutuhkan).
5.      Berikan air es secukupnya saat memblender daging. Tidak hanya penggunaan mesin gilingan daging saja kok, menggunakan blender untuk adonan bakso juga ada bisa menggunakan es untuk menghasilkan adonan lebih kenyal.
6.      Dan taraa! Cacahan daging dan bumbu pun tercampur dan menjadi halus sempurna

Setelah itu, Anda tinggal menambahkan tepung tapioka, kanji, atau sagu dan maizena. Penambahan putih telur juga dapat mengikat serat daging hingga memiliki efek kenyal. Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan perlengkapan bahan dan alat seadanya, Anda juga bisa kok menghasilkan adonan bakso yang berkualitas.

Karena menggunakan tenaga mesin blender, maka bakso yang dihasilkan mungkin tidak sebanyak saat penggunaan mesin gilingan daging. Itu mengapa penggunaan blender hanya cocok digunakan untuk santapan bersama keluarga. Jika menginginkan adonan dalam kapasitas banyak, menggunakan blender tentu akan membuat Anda kewalahan.

Selain itu, penggunaan blender berulang kali akan menyebabkan mesin tersebut panas. Jadi, jika Anda ingin membuat adonan bakso dalam jumlah banyak harus memberikan jeda sedikit untuk mengistirahatkan blender sesaat sebelum penggunaan berikutnya. 

Sedangkan jika menggunakan mesin gilingan bakso langkah kerja Anda akan menjadi lebih praktis. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengulang penggunaan mesin. Karena mesin gilingan bakso dapat menampung kapasitas adonan dalam jumlah banyak. Akan semakin lengkap jika Anda menggunakan mesin cetak bakso. Karena akan membuat bentuk bakso lebih menarik. 

No comments:

Post a Comment