Kita sering melihat suatu bisnis/usaha meskipun sudah berjalan bertahun-tanhun tapi tidak bisa berkembang. Bahkan ada yang hanya bertahan tidak lebih dari setahun sudah finish/tutup. Ini tentu menjadi pertanyaan, kenapa demikian? Jawabannya mungin sederhana, yaitu tidak banyak yang tahu bahwa Anda membuka usaha tersebut. Kalaupun ada yang tahu paling orang-orang disekitar kita saja yang jumlahnya tidak seberapa. Bagaimana mungkin orang membeli suatu produk tanpa mengetahui informasi sekecil apapun dari produk yang Anda jual.Terakhir kali saat Anda membeli sebuah produk, pernahkah terpikir dalam benak Anda bahwa keputusan dalam membeli produk tersebut sebenarnya adalah hasil dari masukan informasi dari banyak sumber? Saat Anda memiliki keinginan atau kebutuhan terhadap suatu produk, maka mulai saat itulah Anda membutuhkan informasi mengenai di mana Anda bisa mendapatkan produk tersebut, berapa harganya, merek apa saja yang bagus, apa saja spesifikasinya, warnanya, ukurannya, garansi, purna jualnya dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut, maka Anda akan mulai bertanya kepada orang lain, melihat iklan di koran, mencari brosur, mengunjungi pameran/bazar, atau mengakses internet. Setelah mendapatkan banyak informasi maka Anda akan mulai mempertimbangkan untuk menentukan produk/merek mana yang akan Anda beli.Di situlah peranan dari fungsi sebuah iklan sangat penting. Yaitu menginformasikan kepada konsumen mengenai suatu produk, harga, keunggulan, dan segala informasi yang berhubungan dengannya. Produk apapun yang akan Anda jual baik itu berupa barang maupun Jasa, akanlah sia-sia bila tak seorangpun mengetahuinya. Meskipun produk Anda berkualitas bagus dan berharga murah namun kalau tak seorangpun yang pernah mengetahui keunggulannya baik melalui brosur, iklan di media masa, atau peragaan di sebuah pameran maka mustahil orang dengan serta merta membeli produk Anda. Siapapun tentu tidak ingin membeli “kucing dalam karung”.Selain berfungsi untuk menginformasikan suatu produk kepada para konsumen, promosi juga diperlukan untuk keperluan dan tujuan lain yaitu :
1. Untuk meningkatkan penjualan
2. Untuk mengumumkan program penjualan khusus seperti diskon istimewa, bonus tambahan atau undian berhadiah
3. Meluncurkan tipe baru dari sebuah produk yang sebelumnya sudah ada dengan berbagai perbaikan dan pengembangan.
4. Sebagai pengingat agar konsumen tetap tahu bahwa produk kita masih bertahan dengan kualitas yang bagus.
5. Menggapai konsumen-konsumen baru.
6. Meningkatkan “Brand Image” atau membuat konsumen lebih percaya pada produk kita.
7. Mengundang keingintahuan konsumen akan produk yang kita jual.
Jadi kesimpulannya adalah, Lakukanlah Promosi dan pemasangan Iklan atas bisnis/usaha Anda. Seberapapun kecilnya bisnis Anda lakukanlah promosi agar orang-orang mengetahui bahwa barang/jasa Anda layak dibeli dan sangat menguntungkan.
Clik Here for more Information
Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Ikl an: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia