Honda Jazz - Namanya usia, apalagi kondisi Indonesia yg udaranya terkenal kotor polusi, pasti ada saja debu-debu nakal yg nyelip. Tak terkecuali di minyak kopling yg seharusnya jalur tertutup.
Berikut permasalahan seputar kopling pada Honda jazz
Kotoran yg menumpuk di bawah itulah yg membuat pedal bagaikan plat kopling habis. Seperti diketahui, cairan merupakan zat yg tak bisa dikompresi, oleh karena itu kotoran yg ada justru membuat tekanan pedal berubah karena kotoran yg ada dikompresi oleh minyak kopling. Menghilangkannya mudah kok, pun cukup bermodalkan obeng kembang dan kunci ring 8 mm utk membuka nepel pembuangan minyak kopling.
Ketahui dulu letak master kopling berada di sisi depan perbatasan mesin dan transmisi, di bawah boks filter udara. Agar lebih memudahkan pekerjaan, sebaiknya sih bongkar dulu filter udara (Gbr.2). "Biar lebih gampang buka 2 buah baut 10 mm pengunci filter udara," lanjut Botak, panggilan akrab Sukandi.
Setelah seluruh bagian master kopling terlihat, giliran kuras minyak menggunakan minyak rem. Sesuaikan dgn spesifikasi Honda Jazz yg merekomendasikan minyak rem minimal DOT 3 atau DOT 4. Siapkan slang kecil yg berdiameter sama dgn nepel utk membuang minyak bekas, kemudian buka sedikit saja baut 8 mm nepel ke arah kiri putaran jam (Gbr.3).
"Gunanya utk mengeluarkan minyak kopling yg kotor di bagian bawah master,". Tentunya sambil mengocok pedal beberapa kali dan jaga isi minyak di tabung jangan sampai habis ya. Bahaya kalau sampai masuk udara palsu. Bisa-bisa ulang lagi kerjaan dari awal.
Kelar memompa kotoran keluar, sekarang tinggal setel minyak kopling sesuai bawaan aslinya. Caranya, kocok pedal kopling beberapa kali kemudian buka nepel utk mengeluarkan minyak bekas (Gbr.4). Ulangi sekitar 4 sampai 5 kali supaya yakin seluruh minyak kotor keluar semua. Kemudian tinggal rasakan perbedaan setelah minyak kopling bersih kembali. Jadi lembut kan pedal kopling sekarang.
Sumber: otomotifnet.com
Temukan Info Lain Seputar Honda Jazz