perhatikan iklan di tipi, sejak beberapa tahun terakhir ini hampir tidak ada, bahkan khusus di indonesia bisa dibilang udah nggak ada lagi pabrikan yang menggunakan sistem pasang iklan black campaign, bahkan “soft black” campaign sekalipun. kalaupun ada itu pun sangat sulit untuk terekspose secara vulgar. Tercatat cuma 2 yang melakukan soft black campaign, yaitu V-ixion (edisi kartun) melawan motor hitam dengan plat nomor B4jo dan Honda vario dengan fitur “rem tangan” tapi dimata awam agak sulit untuk “ngeh” dengan aura black campaign.
Nah black campaign sendiri – bisa diartikan sebagai kampanye / promosi sebuah produk dengan membentuk opini publik dengan menjelek jelekan kompetitornya secara vulgar, baik melalui sindiran, hindaan atau fitnah. Kasus yang sangat heboh adalah ketika Aprilia RSV4 melakukan black Campaign terhadap BMW S1000RR. Apa dasarnya? Yah gampang ditebak sih, Aprilia merasa RSV4 nya adalah superbike paling hebat, tetapi penjualan mereka kalah telak dibanding BMW S1000RR. makanya mereka berusaha membalikan keadaan dengan instan, melalui black campaign. Apa hasilnya? Sia sia sih … coz sekarang produsen berusaha membuat image elegan ketibang arogan, dibandingkan mereka sibuk melakukan black campaign sana sini, mereka kini lebih berkonsentrasi meningkatkan mutu dan kredibilitas, dan itu sulit. Konon disaat terdesak produsen sebesar aprilia pun kadang bertindak tidak etis dengan melakukan black campaign dengan menyerang kompetitornya kesana kemari :? what a shame
Temukan lebih banyak informasi seputar pasang iklan metode Black Campaign
Sumber – indobikermags.com / mbah dukun
No comments:
Post a Comment