Wednesday 23 April 2014

Tips Memilih Buku Cerita Anak


Buku Anak – jika anda memiliki anak, adik, atau keponakan yang masih kecil, tak ada salahnya untuk mengajarkan mereka membaca buku cerita sejak dini. Ya, memilih buku cerita anak sama saja dengan mendidik anak. Mungkin diantara kita telah mengetahui bahwa beberapa buku anak ada yang isinya tidak mendidik, bahkan tokoh yang ada dalam buku cerita tersebut dapat mempengaruhi si kecil berbuat yang tidak baik. Disamping itu, memilih buku anak juga susah-susah gampang, lho. Beberapa diantara kita mungkin pernah merasakan kebingungan saat memilih buku anak yang cocok buat si kecil. Tak mau kan sudah lelah membeli dan memilihnya, buku anak tersebut malah tak dibaca sama sekali?! Buat Ayah, Bunda, atau Kakak, yuk ikuti tips dalam memilih buku anak..
Pertama-tama, pilihlah judul buku anak yang memberikan makna positif. Dengan demikian si anak akan ikut terpengaruh untuk melakukan kegiatan positif atau kebaikan yang diajarkan didalam isi buku tersebut. Kedua, anak-anak yang masih gemar berimajinasi, biasanya sangat menyukai buku cerita yang bergambar karena gambar tersebut dapat memperkuat cerita imajinasi yang ia baca. Tapi perhatikan,  jika kamu membeli buku cerita bergambar, hindarilah buku-buku dengan adegan gambar yang menyeramkan dan mengundang emosi negatif, seperti pembunuhan atau kekerasan. Biar bagaimanapun visualisasi yang mengandung emosi positif  dapat membuat si kecil lebih ceria dan optimis. Yang ketiga adalah piihlah buku cerita sederhana dengan pesan yang jelas. Terkadang kita lupa bahwa anak-anak bukanlah seperti orang dewasa yang bisa berpikir berat. Anak-anak lebih menyukai isi cerita yang yang mudah dicerna dan juga akhir cerita yang dapat dipahami oleh usia mereka.

Berbagai cerita pada buku anak dapat merangsang imajinasi si kecil untuk terus berkembang. Jadi pastikan buku anak tersebut sesuai dengan usia, karakter, serta isi cerita bisa mengajarkan yang baik pada anak. Selain merangsang imajinasi si kecil, cerita yang baik dan menarik dapat menambah perkembangan intelektualnya. Sudah terbayang ingin membeli Buku Anak seperti apa?

No comments:

Post a Comment