Friday 20 June 2014

Produk China Murah Bisa Laris, Mengapa?

Mengapa China bisa?

Produk China Murah – Shoppers, apakah kalian menyukai Produk China Murah yang saat ini sedang meraja lela di tanah air? Jik ya, lalu mengapa Anda begitu menyukai produk China tersebut selain karena harganya murah? Mungkin kutipan ini akan memberikan jawaban untuk kita yang menginginkan jawaban itu.


Faktor apakah yang menyebabkan China bisa begitu produktif untuk dapat menghasilkan produk-produk berkualitas yang sangat diterima oleh pasar dunia? Negara – negara G-7 saja bahkan secara terang-terangan merangkul Cina yang saat ini menduduki peringkat keempat dalam perdagangan dunia, di bawah AS, Jerman dan Jepang untuk mau berbagi dan berbicara dalam forum mereka (Pikiran Rakyat, 2 Oktober 2004). Ternyata selain karena aliran modal asing dan teknologi tinggi, yang justru sangat menarik dari pengalaman China adalah besarnya peran Usaha Kecil dan Menegah (UKM) dan bisnis swasta daerah yang disebut sebagai Township and Village Enterprises (TVEs) dalam menopang kekuatan ekspornya. Walaupun perkembangan TVEs ini sempat mengalami pasang surut dan tidak merata di seluruh wilayah Cina, namun secara rata-rata mengalami pertumbuhan yang sangat mengesankan. Produksi dari TVEs meningkat dengan rata-rata 22,9 persen pada periode 1978-1994. Secara nasional, output TVEs pada tahun 1994 mencapai 42% dari seluruh produksi nasional. Sedangkan untuk volume ekspor, TVEs memberikan kontribusi sebesar sepertiga dari volume total ekspor Cina pada tahun 1990-an (Pamuji, 2004).

Dari paparan diatas, mungkin kita sebagai bangsa Indonesia bisa mengambil pembelajaran dari China. Pemerintah China sangat mendukung usaha – usaha kecil dan menengah dan bahkan membuat kebijakan – kebijakan yang menguntungkan bagi pengusaha – pengusahanya. Setelah mengkaji kebijakan – kebijakan tersebut, kita bisa lebih mempererat kerja sama dengan negara – negara yang bagus untuk perkembangan perekonomian Indonesia, China sendiri sebagai salah satunya. Baru setelah itu menciptakan budaya wirausaha di Indonesia yang kita mulai dengan mengubah paradigma pemikiran bangsa kita. Jadi kita tidak perlu mempertanyakan kenapa Produk China Murah saja, tetapi kita pun bisa dengan mudah menyaingi China. Begitu lebih baik bukan?

No comments:

Post a Comment