Tuesday 28 June 2011

Share Cara Perpanjang Pajak STNK 5 Tahunan

Ane Mo share dikid niy gan,kemarin tepatnya tanggal 23 ane perpanjang pajak motor 5 taonan d Samsat Jakarta Timur tepatnya di Bypass.,enak bner deked dr rmh ane,phewww mayan cape euy ngurus ndiri.antrian ntu lho gk nahaaaaan…Tapi overall puas c karna ngerjain semuanya sendiri tanpa bantuan calo sedikitpun..





Ya pasti udah tau donk yang nm ny pajak 5 taonan itu?jenis pajak ini hamper sama dengan pajak taonan biasa,bedanya..di sini kita kudu bawa motornya ke samsat untuk apa?ya kudu di kerok body buad di ambil no rangka sm no mesin nya..buad yg blum tau,niy ane share step step nya

1.motor kudu di giring ke pos pengerokan rangka,dsn udah ada bbrp petugas yang dengan sigap mengerjakan masalah kerok no rangka dan mesin,..untuk ongkos sendiri ane jg kurang paham dah sebenernya di kenakan ongkos kerok apa gk?Tp si petugas tersebut kemarin mnt ongkos pengerjaan sendiri ke ane,ane sndiri smped mikir ini pungli apa wajib c…gubraaaaak dah..but gpp lha ane ksh ada seikhlasnya 10rebu perak..Selesai di kerok kite bakal di kasih kertas kerokan yang udah ada no rangka dan no mesin motor kita..after ke step ke 2





2.Masuk ke gedung utama udah bnyk antrian mengularrrrrr…bujug dah msh pagi aja dah sepuaaaanjang ini..well gpp lha nm ny jg pelayanan masyarakat,pasti rame..kerjain aja dengan sabar..Dr sini ane di oper lagi ke loket sebelah untuk pendaftaran dan legalisir,di loket ini kita kudu bayar ongkos sebesar 20rebu rupiah

3.balik ke Gedung utama..ane di kasih Formulir pengisian data2 motor,kl formulir ini mah sama koq seperti formulir pajak tahunan,jadi bagi yang biasa ngisi pasti gampang ajah dah

4.Abis kelar ngisi formulir tersebut,sekarang lanjut ke Loket 1,yakni loket pendaftaran,dari sini nanti kita di kasih no antrian untuk lanjut ke loket 2..dan ane dpt antria 150an,dengan kondisi antrian yang waktu itu baru aja mula dari angka 10..gubraaaaaaaaaak

5.Yap setelah menunggu sekian lama,,sekarang lanjut ke loket 2..gk ada kendala berarti d sini,setelah di panggil,saya dapet billing/kwitansi pembayaran pajak. Tentunya ini berlanjut ke loket 3 untuk pembayaran

6.Loket 3..tanpa antri lagi langsung aja memberikan kwitansi tersebut ke petugas kasir,..tp sialnya si kasir menawarkan jasa untuk percepat pengambilan…Ane siy nolak,wong ane dah niat maw maen bersih..hehhehe…Jgn takut koq, si kasir gk bakal memaksa,tp pas ane Tanya bedanya apa kl pk uang pelican apa kgk??”Bedanya STNK nya bias di ambil lnsng di sini koq pak.,jadi gk perlu ke loket 4 buat pengambilan”..Jah cm gitu doank,,malay ah..mending nunggu sabar di loket sebelah aja dah……

7.Yap ini adalah loket terakhir,perlu waktu sekitar 30menitan untuk pemanggilan nama..Y gpp lha,kan warga Negara yang baik kudu antri..wkwkwkw

8.Setelah mendapatkan STNK,saya berlanjut ke gedung workshop sebelah untuk ambil plat nopol yang baru ,posisinya siy bersebelahan dengan Kerok Body dan loket Legalisir tadi…di sini kita tinggal memberikan nota untuk menebus plat nopolnya..Gak perlu lama2 koq dsini..dalem itungan menit plat kita udah jadi…Dalam diri saya sendiri udah kegirangan,kenapa??karena ini adalah plat nopol dengan desain terbaru tahun ini..Bentuknya lebih besar dari yang biasanya,finishingnya jg rapih dan catnya gk asal2an..pokoknya bagus deh plat yang baru ini…sayangnya para petugas pembuatnya suka seenak nya ngasih platnya ke orang2..main tiban en kasih aja..padahal catnya masih basah sangat…Grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…maw gk maw ane aja ngejemur dl deh tuh plat slama 15menitan.aseeeem..

Tapi puasssssssssss setelah liad plat ini dah nempel ke si Satria FU ane,,jadi gk takut lg d kl ktmu polisi isenk di jalan,kwkwkwkwkw..

10 comments:

  1. btw total biayanya brapa gan ? motor ane fu juga nih.

    ReplyDelete
  2. Btw ente pajak tahunan ap 5 tahunan??klo pajak tahunan siy cm kena 250rebu buad daerah jakarta...kl 5 taonan waktu ntu ane abis skitar 350rebuan gan..maen bersih aj,jgn mao di pungli :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1taon nya 350rebuan ya? Di kali 5 taon 1jt lbh donk gan?
      Saya pngn Nanya nih gan,,kan gw mau bli mtor second sama org lain tpi pajak ud mati 3taon,,katanya klo pajak pertama itu mahal ya? Cra liat pajak pertama ud dbayar apa lom gmn liatnya?

      Delete
    2. liad di balik kertas STNK nya bro, kan ada kota 4 biji, tinggal liat aja kotak pertama udah di cap apa belum, Pajak pertama itu udah di bayarin berikut pas beli motor gan.jadi sisa pajak ke 2,3,4 dan 5 aja di STNK..gtu

      Delete
  3. Klo pjak pertahun 250rb knpa di STNK nya di tulis 1.7 lebih nah klo itu apany??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya pajak segede gitu itungan motor baru , stnk baru bro, pas pajak taonannya siy nanti pasti normal lagi. :D

      Delete
  4. prmisi bro gannn.. saya mau tanya ni.
    saya kan mau beli fu second. pajek mati 1taun. surat" komplit... trus untuk ini yg terlebih dahulu di liat apanya yah???.. soalnya saya gak ngerti blas gtu"an.
    satu lagi..
    buat balik nama itu saratnya apa saja dan brpa ya.???
    trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama paling simple cocokin nomor rangka sm nomor mesin sm STNK/BPKB..klo mo balik nama tinggal dateng aj bawa STNK sm BPKB lalu bikin Kwitansi pembelian, klo emg gk ada kwitansinya bikin aja ngasal gpp..selebihnya tinggal ikutin alurnya.Urus sendiri aj lebih gmpg en murah :D

      Delete
  5. Mass mau tanya kalo mau ngisi pajak fu yg telat 5thn + ganti kaleng + pindah nma totalnya bakalan abis brapa yah . He maa ngrepotin

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ntu mah pasti banyak banget gan...hahahha, siapin 1.5-2Jtan aja...krn gk taw progresifnya keberapa..dan pindah namanya juga lumayan

      Delete