Thursday 22 July 2010

Masalah Klasik Pada Satria FU


Bebek super ini memang anak muda banget, yang cenderung berkarakter sporty dan serba kencang serta tangguh melibas segala medan. Image itu memang telah dibangun oleh generasi Suzuki Satria waktu masih zaman 2-tak.
Eits tunggu dulu! Ternyata ada juga lo problem umum bawaan orok di Suzuki Satria FU 150  ini. Tapi jangan khawatir, karena semua ada solusinya. Berikut problem umum dan cara mengatasinya. Intip aja langsung. Dijamin di jalan lebih aman!
 Mesin Brebet di Rpm Rendah
Masalah ini cukup menyebalkan, karena kalau sedang dalam posisi ngantre macet, mesin telat merespon terhadap putaran gas. Penyebabnya, karena FU menggunakan pilot jet ukuran 12,5. Telalu kecil untuk mesin 150 cc yang berventuri karburator 26



Ubah aja pilot jetnya dengan yang lebih besar. Bisa menebus ukuran 15 (gbr.1), kalau bisa yang orisinal ya! Soalnya ukuran yang presisi sangat mutlak hukumnya di karburator. Kalau enggak presisi, risikonya karburator susah disetting
Susah Hidup
Terutama setelah kehujanan atau habis dicuci. Pemicunya,  jarak sasis dan kepala silinder renggang serta posisi mesin vertikal, air mudah masuk ke tutup busi dan busi. Alhasil air juga bisa masuk langsung ke silinder head .Tambah lagi desain di sekitar lubang busi di kepala silinder ada got/lubang pembuangannya.

Jangan lupa di bawah sambungan knalpot ada lubang buat pembuangan air dari got tersebut. Sehingga mesti dibersihin/dicek dan jangan sampai ada kotoran yang menyumbatnya.Kalau sudah telanjur kotor/tersumbat, solusinya disodok saja pakai kunci L-4 . Kalau sudah tidak tersumpal, tinggal manfaatkan semprotan angin kompresor untuk membersihkannya.
Ada Suara Berisik
Umumnya terdengar dari  head dan blok kiri. Kalau urusan yang satu ini, gak salah dan tak bukan disebabkan oleh keteng yang mulur. Umumnya masalah terdapat pada tensioner keteng. Lantaran usia pakai sudah lama, ketegangannya jadi berkurang.

Eits, jangan terapkan metode lama yang dilas ujungnya terus ditambah baut ya, karena malah akan memperpendek umur keteng. Solusinya dengan mengganti per tensioner dengan yang lebih keras..
So Rawat Bae² Satria FU nya



Source : otomotifnet

29 comments:

  1. saya Edi riswanto mempunya satria fu tahun 2007.Baru umur 3th lbh saya sudah mempunya banyak masalah yag saya hadapi ketika saya ingin berangkat kulia,alah hasil kulia saya menjadi tergangu karena masalah-masalah yang ada pada motor satria saya..Dengan membaca ini saya jadi mengerti alasan tentang mengatasi suara berisik yang terdengar dibagian mesin sebelah kiri.Trimakasi atas informasi yang telah diberikanya.

    ReplyDelete
  2. Sip...sama² gan.,,Salam FU Riders :D

    ReplyDelete
  3. info bagus gan,,salam FU Riders

    ReplyDelete
  4. gan ,, numpang tanya ,, kok satria saya sering ga bisa di gas kalo jalan ya ?? apalagi pas RPM tinggi ,, tenaganya langsung hilang,, satu lagi gan,, pas ngoper gigi,, kok andel giginya ga balek yah ??? thank's gan ...
    Salam FU Riders :D

    ReplyDelete
  5. @endroe
    Sebelumnya mw tny dl niy bro,itu satria nya masih baru kah??udah coba di bawa ke beres masalag bukaan gas ny?jika belum cb cek kondisi pj ny bro,msh standarkah?krn problem bawaan fu itu pertama terletak di pj ny yg kkcilan,jd bukaan gas putaran bawah sering bermasalah en brebet..klo ut mslh rpm atas,biasanya di sebabin dr karakter cdi ny bro,cdi fu itu di limiter di rpm 11rebu,biasanya di rpm 10rb pun udah berasa drop bagi fu yg ckd.klo soal oper gigi ane jg bbrp ngalamin bro,biasanya karena injekan tuas persneling ny keset mkny sering nyangkut.ad baekny sering2 semprot wd40 bro

    Moga berguna..slm fu riders

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank's bro informasinya ...
      Salam FU Riders :-)

      Delete
    2. Klw fu sya d rpm7rbu udah tertahan, pdahal udah d gas full

      Delete
    3. posisi gigi brp bro? dah cek karbu blom di beres?

      Delete
  6. gan saya pnya satria fu thun 2008 ada masalah di bagian kopling... biasanya motor klo d tkan koplingnya berhenti tpi klo ini nyolonong ja gan apalagi klo dah pnas tuch mtor kopling kya ga berfungsi.. padahal kopling nya sdah di seting.. stelah di bwa ke bngkel resmi dan biasa ternyata harus ganti kampas kopling, rmha kopling dan tali kopling... alhasil memang ada perubhan tpi perubhan itu tak kunjung lama skitar 2/3 minggu ke dpan kopling nya kmbali seperti smula nyolonong ja... tlong jwab gan d tggu...

    ReplyDelete
  7. Bole tau bro sebelomny ente pake Oli apa? soale untuk masalah kopling biasanya paling basic ya slip kopling di karenakan pemakaian Oli yang kurang pas bro. klo misal udah di ganti macem-macem di rumah kopling ny masih gitu juga, ada kemungkinan kudu du cek kseluruhan..ente lokasi mana bro?bisa coba beres saharjo yang lebih rekomended klo nanganin FU

    ReplyDelete
  8. Bos mtr ane satri 2014 , awal ny mtr normal aja pj jga dh gnti dh lama ukuran 15mm , nah stlah kmrin sma bpngkar mau brshin karbu , stlah sya pasang kmbli ko jdi brebet di gas standar , ndut2an , pmsangan 100% udh rapih , ngaturan angin dan gas udh oke , busi dan cajgklong dh sya gnti baru , slang2 pun mash pda bgus , tpi knp msh brebet yaa , mnta tlong solusi ny mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bos bongkar sendiri? ad kmungkinan salah pasang ke posisi smula ato vakum ny bermasalah bro, ane klo gk liat langsung kadang gak mudeng jg..hehehe

      Delete
  9. Om mau tanya ni, punya ade fungsi 2011, kalau digas kenceng dia brebet kaya kurang kompresi, apa lagi kalau tanyakan bisa kehilangan Power. Apanya ya? Aneh udh ganti karet yg dikarbu, yg tanyakan ok sekarang, tapi kalau mau msuk gigi 3 brebet om.. Mohon arahannya master!

    ReplyDelete
    Replies
    1. karet skep karbu maksudnya? dah cek karet manifold nya gan? kalau di selah susah nyala gak gan?

      Delete
  10. Misi bro mau tanya apakah semua knalpot satria fu ada bolongan kecil...karna di knalpot satria saya sehabis sambungan setelah pipa kenalpot ada bolongan kecil..posisi bolongan nya di bagian knlapot yg mengkilap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah smuanya pasti ada, lobang itu berfungsi buad membuang air yang masuk dari lubang pembuangan atas. Jadi kalau ada air hujan / cucian motor masuk kedalam knalpot bisa langsung kluar lagi :D

      Delete
  11. Numpang tanya gan,nalpot fu saya bocor pas di sudut leher atas,masalah nya baut kunci l nya gak bisa ke buka lagi,kata orang itu memang salah satu masalah motor satria,apa memang harus di tap dan bongkar mesin untuk membuka baut nalpot tsb,tdk adakah jalan lain?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baut knalpot Leher atas slek gan?? sebenernya siy hampir setiap motor yang gak pasang baut tanem bakal ngalamin kek gtu gan, lebih lagi jika sering di pake ujan" lewat jalan lumpur, cipratan lumpurnya yg bikin baut Knalpot Slek..jangan di paksa nanti malah patah pala baut L nya, solusi gampang buka baut knalpot yang slek ya di panasin dulu, bawa aj k tukang las..klo emg terpaksa banget biasanya si tukang las bakal ngelas baut yang slek td ke batangan besi biar lebih gampang di puter pelan"..bawa ke tukang las yang udah pengalaman gan..cuma itu solusinya

      Delete
  12. Gan say ada keluhan mtor saya tahun 2007.mslahnya mtor saya susah hidup ktikA mesin dlm keadaan dingin busi udh d coba d gnti krbu pun udh tp ttep blum sembuh.dan kalo nyalain(di kick starter) karbu harus d tutup pake tangan itupun hrua nunggu 10mnitan.mohon pncerahanya..mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah di bawa beres??atau d servis besar lom gan? takutny kompresinya turun..

      Delete
  13. Gan motor saya fu tahun 2009. Kalo motor baru jalan tenaga mantap. Tapi kalo mesin mulai panas motor ngeberebet dan telat bukaan gas di rpm bawah. Kira" knp gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kmungkinan besar overheat gan bro,bkn salah radiator oli tapi biasanya karena pemakean olinya kurang pas..oli nya apa? owh ya kalau bisa gunain busi iridium aja mas bro, lebih tahan sama panas.

      Delete
  14. Min klw d rpm mnengah larinya kok susah cman bsa 90km/jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada rubahan blum? PJ sm MJ dah di ganti??

      Delete
    2. Blum min....trus ad bunyi kleteng2 d dlm msin bgian blakang nya

      Delete
    3. Klo mesin berisik, biasanya dari setelan rantai ketengnya gan..cb cek tensioner sm bantalan tensionernya..klo lari srasa ngeden, cb ganti PJ 1 step dl,biasanyta putaran bawah bakal lebih plong..klo putaran atas masih kurang naikin MJ 1-2 step..klo naik FU jangan berharap sm gigi 6 nya, karena memang berat di karenakan efek CDI yang di limit(batasi) solusinya ganti CDR Racing...di coba aja dl deh

      Delete
  15. cdi smash bisa di pasang ke satria f

    ReplyDelete