Thursday 6 November 2014

Selektif Menentukan Camilan / Jajanan Yang Baik Untuk Anak



plastik kemasan makanan -  Yang namanya jajanan buad anak dari tahun ke tahun seperti tak ada habisnya, selalu ada saja kemunculan jenis-jenis makanan ringan baru khusus si buah hati. Industri makanan kecil anak sendiri telah banyak memperkenalkan produksi makanan baru yang lebih sehat untuk si anak, sebut saja crackers, cookies dan sereal untuk sarapan di pagi hari. Tetapi yang perlu anda ingat jika bahwasaannya klaim dari pabrikan makanan yang bersangkutan pastilah aman, tetapi yang perlu di garis bawahi belum tentu menyehatkan lho. Lantas bagaimana menyikapi makanan anak ini kita sebagai orang tua yang teliti dan sayang anak? Oke berikut ini beberapa tolak ukur untuk menilai apakah sebuah makanan / jajanan anak kecil yang biasa di kemas dengan plastik kemasan makanan aman untuk di konsumsi? Chek this out :

  • Kalori :  ada batasan tertentu untuk menentukan jumlah kalori yang di serap oleh si anak dalam sehari, sekitar 20 persen dari kalori adalah jumlah yang paling aman untuk anda berikan. Patok angka kalori 100cal setiap hari saja untuk kebutuhan camilan sang anak. Kerap waspadai makanan yang berlabel Low Sugar
  • Trans Fat : Nah minyak yang berlebihan pada makanan / camilan anak bisa menyebabkan kadar kolesterol berlebih atau naik. Hal ini tentu saja tidak baik untuk gizi si buah hati
  • Whole Grains : Bila bahan utamanya tepung putih atau wheat, ini berarti makanan itu bukannya sumber whole grains yang oke. Serat bisa jadi indikator: Bila tidak ada serat dalam camilan, atau hanya sekitar satu gram, ini berarti jumlah whole grains sangat minim.
  • Kandungan Gula  : kandungan gula paling sehat di berikan untuk si anak tidak lebih dari 10 persen jumlah kalori. Bila gula (sering disebut high-fructose corn syrup, dextrose, sucrose atau nama lain berakhiran ‘ose’) tertulis sebagai salah satu dari beberapa bahan utama, ini bukan pilihan paling sehat untuk anak.
Yup beberapa yang di sebutkan di atas telah menjadi perhatian serius akhir-akhir ini bagi para orang tua yang khawatir terhadap konsumsi makanan si buah hati. Yang penting anda sebgai orang tua harus jeli menilai suatu jajanan anak dari plastik kemasan makanan yang ia beli. Dari element terkecil tersebut sudah bisa di lihat dengan jelas apakah makanan yang mereka makan aman untuk di konsumsi.

Oke semoga berguna

No comments:

Post a Comment