Thursday 21 January 2016

7 Tips Memilih Nama Domain untuk Toko Online

Tahun 2016 ini adalah tahunnya bagi para pelaku bisnis untuk melakukan ekspansi usaha di dunia online. Karena akses untuk menggunakan internet semakin mudah, baik dari laptop, computer dan juga pemakaian smartphone yang semakin meningkat. Salah satu yang terbaru adalah layanan cloud computing Indonesia.

7 Tips Memilih Nama Domain untuk Toko Online 

Tentunya sebagai pelaku bisnis kita juga harus mengikuti perkembangan ini, agar tidak tertinggal dan usaha semakin menurun. Salah satu solusinya adalah membuat toko online yang berguna sebagai alat promosi dari produk dan jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan.

Salah satu langkah pertama dalam membuat toko online adalah nama domain yang tepat sesuai dengan produk, branding usaha anda ke di masa akan datang.

Oleh karena itu, nama sebuah domain sangat penting dan tidak bisa asal sembarangan pilih. Agar tidak menyesal di kemudian hari, ada beberapa tips memilih nama domain untuk toko online:

1. Mudah diingat atau remarkable, sebuah kata yang mudah diingat tentu akan melekat terus diingat orang yang pernah membacanya. Hindari menggunakan kata yang susah dibaca karena orang akan susah untuk mengingatnya.

2. Domain singkat dan bermakna, karena pengunjung bisa dengan mudah mengingatnya. Bisa menggunakan 10-16 karakter atau 2-3 kta saja. Hindari menggunakan  nama domain yang terlalu panjang. Contohnya: laptopmurah.com.

3. Mudah diucapkan atau dieja karena dengan hal ini pelanggan akan mudah mengingatnya. Carilah kata-kata umum, atau bisa juga mencerminkan brand atau nama perusahaan Anda.

4. Sebaiknya tidak menggunakan tanda penghubung  atau symbol (-), walaupun tidak dilarang namun pelanggan akan sedikit kesulitan untuk menulis kembali nama domain dengan tanda penghubung. Selain itu kuran enak dipandang.

5. Buatlah nama domain dengan penggabungan dari nama perusahaan dan merek produk yang dijual. Selain menaikkan brand juga bagus untuk pencariannya di google. Contohnya perusahaan Amanda dengan jualan utama adalah kue, dan jadinya adalah www.kueamanda.com, hal ini juga bisa dibalik.

6. Ekstensi nama domain juga perlu diperhatikan, namun yang paling banyak digunakan adalah .com meskipun bisa juga menggunakan pilihan lain seperti .net, .org, .info, .sch.id, co.id dan lain sebagainya.

7. Cek lah nama domain yang anda pilih, siapa tahu sudah digunakan oleh orang lain. Untuk mengeceknya bisa layanan web hosting yang ingin anda gunakan.

Nah, Itulah beberapa tips memilih nama domain untuk toko online anda. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

No comments:

Post a Comment