Wednesday, 5 January 2011

Mengenal Alat Musik Sasando Dari Pulau Rote


Indonesia kaya akan berbagai kesenian daerah yang mengagumkan, termasuk di dalamnya adalah berbagai alat musik tradisional dengan kekhasan bunyiannya. Salah satu alat musik yang harus diperhatikan untuk tetap dipelihara adalah sebuah alat instrumen petik asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur yang bernama Sasando, yaitu alat musik yang ditemukan sejak abad 15.
Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Bentuk sasando mirip dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola, dan kecapi. Tetapi keunikannya adalah bagian utama sasando berbentuk tabung panjang seperti harpa yang biasanya terbuat dari bambu. Sasando mempunyai media pemantul suara yang terbuat dari daun pohon gebang (sejenis pohon lontar yang banyak tumbuh di Pulau Timor dan Pulau Rote) yang dilekuk menjadi setengah melingkar.Sasando berbentuk tabung panjang yang biasanya terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah yang diberi ganjalan-ganjalan, di mana senar-senar (dawai-dawai) direntangkan di tabung dari atas ke bawah bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda pada setiap petikan senar. Lalu tabung sasando ini ditaruh dalam sebuah wadah yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang dibuat seperti kipas. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando.




Bunyi sasando sangat unik jika dibandingkan dengan gitar, biasa sasando lebih bervariasi. Hal ini karena sasando memiliki 28 senar. Itulah sebabnya memainkan sasando tidaklah mudah karena seorang pemain sasando harus  mampu membuat ritme dan feeling bunyi nada yang tepat dari seluruh senar yang ada. Sasando dengan 28 senar ini dinamakan sasando engkel, sedangkan jenis sasando dobel memiliki 56 senar, bahkan ada yang 84 senar.Cara memainkan sasando adalah dengan dipetik seperti memainkan gitar. Tetapi sasando tidak memiliki chord (kunci) dan senarnya harus dipetik dengan dua tangan, sehingga lebih mirip harpa. Sampai sekarang hampir semua bahan yang dipakai untuk membuat sasando adalah bahan asli, kecuali senarnya.

Temukan Lebih banyak lagi seputar alat musik & musik

Merancang Acara Pensi Di Sekolah


Kehidupan SMA tidak lepas dari bagaimana mereka yang SMA bisa menunjukkan kehebatannya, kreatifitas, eksistensi di mata orang banyak melalui sebuah acara. Ya, acara itu adalah sebuah forum seni siswa alias pensi. Sebuah acara yang dekat dengan kegembiraan, kesenangan, dll. Rasanya kalau belum menunjukkan Pensi masing-masing SMA belum lengkap. Apabila anda dan teman-teman berani, bersainglah dengan sekolah lain dengan cara menentukan hari pensi bersama pada hari tanggal tahun yang sama. Dengan kata lain ADU PENSI. Anda akan lebih tertantang untuk itu. Tentunya persaingan kedepan harus secara sehat, tidak saling merugikan misalnya “menyobek poster SMA lain, menyebarkan gosip buruk, dll”.




Oke, kita langsung saja mulai bagaimana pensi SMA itu dirancang hingga dilaksanakan acara.
  Kita bagi menjadi 3 bagian besar pembicaraan, yaitu:

1.       Tahap persiapan
Hal yang paling penting sebelumnya adalah anda harus mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari. 4-5 bulan sebelum hari H baik. Tujuannya adalah persiapan yang lebih baik, baik itu segi acara, maupun finansial. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari sponsorship. Dan ingat, anda tidak bisa memberi waktu berpikir singkat pada pihak sponsor.

2.       Tahap pelaksanaan

3.       Tahap pasca pelaksanaan :
1.    Bersih-bersih
2.    Evaluasi Akhir
3.    Laporan Pertanggungjawaban

Secara garis besar, seperti itulah cara merancang sebuah Pensi SMA.Masa SMA adalah masa dimana kita mendapat banyak kesempatan untuk berkembang.Carilah terus sesuatu yang baru. Masa lalu adalah pengalaman, sekarang adalah perjuangan, hari depan adalah lebih baik

Temukan Lebih banyak lagi seputar forum seni & Pentas Seni

Tips Agal Mobil Anda Awet

Usia sejumlah komponen mobil memang memiliki usia atau masa pakai dan hal itu dapat diperpanjang dengan perawatan mobil yang mudah dan murah. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sebelum waktunya.




1. Sebelum mematikan mesin, kecilkan volume suara dan matikan sistem audio kendaraan. Dengan mematikan audio sebelum mematikan mesin, setidaknya sistem audio tidak menyimpan arus listrik.
2. Luruskan ban mobil saat parkir sebelum mematikan mesin. Dalam kondisi diam dan setir dibelokkan, maka putaran mesin akan naik jika mobil kembali dihidupkan. Pasalnya, power steering dirancang untuk bekerja saat setir dalam keadaan tidak lurus.
3. Matikan dahulu AC sebelum mesin dimatikan. Cara ini membuat bearing atau bantalan roda dan beberapa komponen kompresor AC akan berumur panjang.
4.Periksa tekanan angin ban sesering mungkin. Kekurangan tekanan angin dapat membuat permukaan ban aus tidak merata.
5. Halangi kaca depan saat mobil parkir di tempat terik. Anda bisa menggunakan karton, koran, atau kain untuk menutup kaca depan agar sinar ultraviolet dari sinar matahari tidak masuk ke dalam kabin
7. Hindari menghantam lubang dalam kecepatan tinggi.
8. Jangan membiarkan putaran mesin terlalu tinggi. Bila mobil Anda bertransmisi manual, segera pindahkan posisi gigi ke posisi yang lebih rendah.
9. Lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi sesuai buku manual service. Pastikan kondisi filter udara, radiator, busi, hingga air aki dalam kondisi sempurna.
10. Gunakanlah selalu oli mesin yang berasal dari bahan baku sintetik yang secara khusus diformulasikan dengan aditif bermutu tinggi, sehingga dapat memberikan keuntungan lebih baik dibanding minyak pelumas mineral.
Mudah kan

Temukan Lebih banyak lagi seputar perawatan mobil & spare part mobil

Tanda - Tanda Audio Mobil Bermasalah


Ada 14 tanda bisa dikatakan sistem mobil audio bermasalah, seperti disampaikan Andreas Tjahjadi, instalatur Audio Plus di Jakarta Barat, Erwin (instalatur Radius Mobile Works dan Hongyono Chandra, isntalatur audio Prisma, Arteri Pondok Indah, Jaksel.

 

1.Tegangan aki drop
Karena kapasitas air aki berkurang, bisa juga terminal pengisian atau ground longgar, atau pengisiannya kurang. Akibatnya, suplai listrik terganggu.
2.Terminal/Kepala aki berkerak
Menyebabkan kurangnya tegangan dan bisa bikin sistem terganggu. Melelhnya sekring utama (main fuse) karena pengaruh panas kompartemen mesin, akibat bagian pelindungnya meleleh.
3.Kerusakan pada CD player
Ditandai dengan proses membaca CD agak lama bahkan cenderung diam (skip) sebelum masuk ke track lagu. Ini dipicu pemakaian CD yang ketebalannya tidak standar.
4.Tombol volume
Pada head unit kadang berfungsi kadang tidak, ditengarai karena ada kabel fleksibel yang putus di dalamnya.
5.Kabel ground RCA
Putus di bagian dalam head unit, membuat gejala storing (noise) muncul dari speaker.
6.Bunyi sember (kresek-kresek) di speaker
Ada kotoran masuk di antara voice coil dan magnet.
7.Suara pincang
Lebih berat ke salah satu sisi, karena salah satu speaker midrange atau tweeter mati. Penyebabnya, solderan pada konektor speaker terlepas.
8.Speaker berasap
Ada hubungan arus pendek antara kabel speaker (sambungannya berkarat) ke ground, sehingga voice coilnya panas. Seperti kita ketahui, bila terjadi korsleting pada speaker akan mempengaruhi kinerja power, bahkan menyebabkan malfungsi power amplifier jika tidak dilengkapi short circuit protection.
9.Kerusakan tweeter
Lama kelamaan mendengar nada high menjadi clip (sember), bisa karena faktor cuaca karena sering tersorot sinar matahari. hal ini dapat membuat diafragma tweeter menjadi getas.
10.Subwoofer mati total
Karena voice coil terbakar akibat over power.
11.Distorsi
Biasanya pada subwoofer berbarengan dengan bunyi bass. Ini dikarenakan suspensi subwoofer sudah lemah atau ada kotoran di antara voice coil dan magnet.
12.Kerusakan pada potensiometer di power
menyebabkan suara di speaker berat sebelah.
13.Timbul suara jedug
Saat sistem difungsikan/dimatikan karena ada kerusakan pada komponen power.
14.Karena kerusakan power
Bagian konus speaker ‘meloto’ pada waktu sistem difungsikan. Artinya, dari power ke luar arus DC (seharusnya AC). Ini lantaran solderan pada papan PCB kendor atau bisa juga disebabkan kotoran yang menempel

Temukan Lebih banyak lagi seputar audio mobil & aksesoris mobil

Trend Penggunaan Box Motor

Kalau anda mengamati perkembangan aksesoris motor dan trend pemakaian box di motor saat ini, semakin jelas kalau box sudah menjadi trendsetter dan life style bikers masa kini. Maka tak heran, kini makin banyak pula produsen box motor yang menawarkan produk-produk tersebut.


Nama merek dagang Givi dan Kappa adalah nama sudah tidak asing lagi bagi kalangan bikers, tapi sekarang sudah ada produk lainnya yang kini bisa menjadi  pilihan dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dengan kedua nama tadi. Box motor tersebut berasal dari negara BELGIA dengan merek  COOCASE

Keunggulan box COOCASE tersebut adalah pemakaian remote control dengan jarak antara 15 s/d 25 meter. User tidak perlu lagi repot membuka kunci, tinggal pencet remote control, kemudian ketika user sudah dekat, box pun hanya dibuka saja. Demikian pula ketika menutup box, taruh tutup box-nya, kemudian pencet dan otomatis box terkunci, maka user pun tinggal berlalu menjauhi box-nya. Mudah kan?
 
Dari segi bahan jelas terlihat box COOCASE sangat berkualitas, memiliki ketahanan dan ketebalan yang memadai. Jika motor sampai jatuh, tampaknya box COOCASE ini memiliki daya tahan bagus. Warna yang ditawarkan hanya tersedia warna abu-abu tua.Jika anda sungguh berminat dan ingin tahu harga pasnya, serta jenis dan ukurannya, silahkan saja menghubungi Authorised Dealer CCOCASE

Temukan Lebih banyak lagi seputar aksesoris motor & box motor