Thursday 20 January 2011

10 Jurus Ampuh Merawat Velg Motor

Jika dilihat dari jenisnya, ada dua jenis velg motor yang umumnya banyak digunakan. Pertama jenis konvensional seperti velg jari-jari, yang kedua yaitu velg palang atau biasa disebut velg logam atau velg racing (solid wheel). Bagai mana cara merawat keduanya? lets share together...



1. Bersih-bersih
 Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan. Karena semakin bersih velg semakin terhindar dari karat. Dan juga velg bersih menandakan pengendaranya lho...

2. Jaga tekanan udara
 Tekanan udara berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

3. Pergunakan alat yang tepat
 Jenis logam yang ada pada velg adalah logam yuang lunak seperti alumunium atau plat besi kecil. Maka pergunakan alat yangt tepat saat akan membuka ban. Sedikit saja goresan pada badan velg, maka hal itu bisa menjadi celah kerusakan pada velg.

4. Lapisi kain
 Biasakan menggunakan kain kecil halus untuk melapisi alat pendongkel ban, terapkan hal ini juga untuk tukang tambal ban. Hal ini berfungsi untuk menjaga cat velg atau warna asli velg.

5. Ukuran ban dan velg standar
 Modivikasi boleh saja, tapi tetap perhatikan azas layak pake. Contohnya tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda, jelas hal ini tidak dibenarkan.

6. Pilihlah velg yang tepat
 Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik atau yang bermerek.

7. Hindari lobang
 Semakin sering berbenturan dengan logam, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.
8. Hindari offroad
 Jika lubang kecil di jalan saja ngga boleh, apalagi jalanan Off road.

9. Pilih rem yang terpisah
 Ketika akan membeli motor, pilihlah selalu kaki-kaki depan yang menggunakan velg dengan cakram. Karena kalo beli motor yang pake drum rem, kalo drumnya aus kan yang di ganti bukan cuma durmnya aja, velgnya juga. Pemborosan tuh namanya!

10. Servis atau beli baru?
 Kerusakan pada velg memang bisa di perbaiki, tapi jika kerusakannya udah parah lebih baik beli baru. Karena jika tetap di paksakan maka velg tidak bisa berfungsi dengan maksimal lagi.

No comments:

Post a Comment