Thursday, 21 April 2016

Cara Memperbaiki Mesin Hand Sealer Sendiri, Mudah!

Mesin kemas hand sealer, merupakan salah satu jenis mesin kemas yang perawatan dan servicenya paling mudah di lakukan. Mesin kemas yang di bandrol dengan harga ratusan ribu ini memang mempunyai value to money yang cukup tinggi. Namun meskipun begitu tak ada salahnya bukan jika barang yang di bandrol murah ini di lakukan perawatan secara berkala? Beberapa kerusakan yang sering di keluhkan oleh pengguna mesin hand Sealer adalah pada bagian element pemanasnya (Heating), perlu di ketahui bahwa elemen pemanas pada hand sealer mempunyai peran penting dalam proses penyegelan (sealing) terhadap kemasan. Elemen pemanas inilah yang membuat plastic kemasan bisa menempel dengan rapih dan kuat, nah karena proses penyegelan di lakukan dengan cara di di tempel ke permukaan elemen pemanas & lapisan teflon..maka hal yang paling sering di temukan adalah bagian teflon yang lengket dan gosong.

Apakah ada efek buruknya? Tentu saja! Efek dari permukaan teflon yang lengket dan gosong bisa membuat daya panas elemen menjadi berkurang, hal ini tentu saja akan berimbas kepada hasil sealing (penyegelan) plastic kemasan yang kurang maksimal..kemasan akan mudah bocor, dan terbuka. Lantas apakah bisa lapisan elemen & teflon di perbaiki tentu saja. Lapisan elemen terbuat dari bahan lempengan logam sedangkan lapisan atas terbuat dari bahan Teflon, di jual secara bebas di beberapa toko mesin kemasan..harganya juga cukup terjangkau..hanya saja anda harus menyesuaikan panjang dan lebar lapisan elemen Teflon dengan mesin hand sealer yang anda punya. Oke berikut ini cara-cara mengganti elemen logam dan lapisan teflonnya



Langkah 1: Lepaskan sekrup yang memegang pelat logam yang ada di kedua sisi sealer.
Langkah 2: Anda akan membutuhkan obeng berkepala phillips (+)untuk melepas sekrup yang memegang kawat. Pastikan untuk menahan sekrup karena dapat “terlontar” jauh dari sealer karena kawat berada di bawah tekanan.
Langkah 3: Pindahkan pin tensioning jauh dari engsel dengan pisau atau obeng datar. Menggunakan kepala obeng philips(+) tidak akan bekerja karena pin, yang berada di bawah tekanan, akan berputar dan membuatnya sangat sulit untuk memungkinkan Anda untuk melepas kawat elemen pemanas dari pin.
Langkah 4: Lepas semua bagian dari kawat penyegel yang telah rusak, dan pindahkan pin dari engsel sehingga Anda dapat memasang elemen baru pada pin. Dan kemudian pasang elemen pemanas baru menggantikan yang lama.
Langkah 5: Tempatkan pelat logam yang memegang strip Teflon kembali ke kedua sisi sealer. Jangan kencangkan mereka sepenuhnya dahulu. Ketika sekrup dapat menahan kedua pelat logam di tempat, tempatkan lembaran teflon secara presisi di bawah kedua pelat logam, dan kencangkan sekrup ke bawah.
Langkah 6: Pastikan bahwa strip teflon ditempatkan dengan baik diatas kawat elemen pemanas, kemudian kencangkan sekrup yang memegang kawat elemen.

bagaimana? Mudah bukan memperbaiki mesin hand sealer sendiri

No comments:

Post a Comment