Tuesday, 24 August 2010

Busi Panas Vs Busi Dingin

Busi merupakan salah satu bagian dari sebuah sistem pengapian motor yang berfungsi untuk menghasilkan energi percikan bunga api dan kemudian digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder pada akhir langkah kompresi pada sebuah siklus mesin.
Pemakaian busi yang tepat pada mesin sepeda motor akan memberikan performa mesin yang lebih baik, walaupun dalam pemakaiannya kita masih harus memperhatikan beberapa faktor lain seperti kondisi suhu lingkungan tempat mesin atau sepeda motor berada, ukuran kapasitas silinder dan besarnya perbandingan kompresi dan tekanan kompresi.

busi_panas_dingin

Agar bisa menentukan penggunaan busi yang tepat pada sepeda motor, tentu kita harus tau apa itu busi panas dan busi dingin.

Busi Panas adalah busi yang memiliki kemampuan menyerap serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih lambat dari pada busi standarnya.  Busi panas bekerja pada temperatur ruang bakar yang tinggi, namun apabila temperatur ruang bakar mencapai atau melebihi 850 derajad celcius, maka akan terjadi proses pre-ignition, dimana bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sebelum busi memercikkan bunga api.
Pre-ignition ini adalah proses yang tidak diharapkan dalam proses terjadinya pembakaran pada mesin yang dikategorikan sebagai ”spark engine” atau mesin dengan penyalaan busi.   Kondisi terjadinya pre-ignition ini bisa dikatakan terjadi over heating (pemanasan extrem) dan berpotensi merusak kinerja dari piston, connecting rod serta kerusakan pada crankshaft.  Ciri busi yang terjadi pre-ignition adalah warna tampak putih pucat.

Busi Dingin adalah busi yang memiliki kemampuan menyerap serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih cepat dari pada busi standarnya.  Busi dingin ini akan bekerja pada temperatur ruang bakar yang lebih rendah, namun apabila temperatur ruang bakar terlalu rendah hingga dibawah 400 derajad celcius, maka akan terjadi proses ”carbon fouling” dimana bahan bakar tidak mampu terbakar habis sehingga bahan bakar yang tidak terbakar habis tersebut akan menumpuk pada busi.  Apabila suhu ruang bakar ternyata semakin rendah maka akan tejadi ”mis fire” atau ketidakmampuan membakar bahan bakar akibat suhu ruang bakar yang tidak ideal.


Penumpukan endapan karbon (carbon fouling) ini semakin lama akan menyebabkan tumpukan kerak karbon yang mengeras, dan akibatnya menjadi sumber panas kedua setelah busi yang kemudian menyebabkan gejala ”detonasi” atau ledakan kedua setelah busi memercikkan bunga api.  Gejala detonasi ini adalah proses yang juga tidak diharapkan dalam proses terjadinya pembakaran untuk mesin ”spark engine”.  Detonasi dapat menyebabkan kerusakan pada piston.  Ciri busi yang terjadi carbon fouling adalah hitam kering dan ini dapat mempercepat umur pakai busi.




Oleh sebab masalah-masalah diatas, maka perlunya memilih tingkat panas busi yang sesuai dengan sepeda motor Anda.  Penentuan tingkat panas busi dipengaruhi oleh beberapa faktor.  Faktor-faktor yang paling dominan dalam memilih tingkat panas busi adalah :

Suhu lingkungan tempat mesin atau sepeda motor berada.  Untuk daerah dengan cuaca iklim yang lebih dingin, seperti daerah pegunungan, dataran tinggi. Maka direkomendasikan pemasangan tingkat panas busi yang lebih panas.  Pemasangan menggunakan busi dingin akan menyebabkan terjadinya carbon fouling (penumpukan karbon).  Akibatnya mesin akan susah hidup.
Kebalikan untuk daerah dengan cuaca iklim lebih panas, seperti dataran rendah, perkotaan dengan tingkat populasi tinggi, maka direkomendasikan menggunakan tingkat panas busi yang lebih dingin.  Kenapa begitu? Karena pada kondisi daerah semacam itu, pegunaaan busi panas akan menyebabkan terjadinya pre-ignition (pembakaran dini).  Akibatnya part mesin akan lebih cepat aus.

Besarnya kapasitas silinder. Untuk mesin dengan kapasitas silinder lebih besar (>180 cc) direkomendasikan menggunakan tingkat panas busi yang lebih dingin.  Pemasangan busi panas akan menyebabkan pre-ignition dan over heating.  Sedangkan untuk mesin dengan kapasitas yang lebih kecil (<180cc) disarankan menggunakan busi standar (NGK angka 7 dan Denso angka 22)

Besarnya perbandingan kompresi dan tekanan kompresi.  Mesin dengan desain yang memiliki rasio kompresi tinggi (CR> 10,5:1) dan tekanan kompresi tinggi (>1700kPa) direkomendasikan menggunakan busi type dingin.

Desain high performance engine atau Mesin yang dirancang untuk motor balap atau motor dengan high performance engine sangat direkomendasikan menggunakan busi dingin.  Pemakaian busi panas akan menyebabkan pre-ignition, detonasi berat yang menyebabkan kerusakan serius pada katub, piston, connecting rod dan crankshaft.  Contoh motor Honda CS1 type busi dingin U24ESR9, bila motor di bore up hingga 150cc type race maka busi diganti dengan busi yang lebih dingin U27ESR9.


sumber HKUracing

temukan artikel lainya  Dsini

Friday, 20 August 2010

Tips And Trik Upgrade Satria Fu ( Part 2 )

Okeh lnsng aja kita sambung postingan kmrn ( Tips And Trik Upgrade Satria Fu ) Next step,rada sdikit pake ketrampilan dikid,tp klo gk bisa ya serahkan k bengkel aje,.heuheu

-Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini siy ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah sering di coba koq sm bngkel2 korekan,,atw lakukan ini pada saat service besar,jadi sekalian bongkar



-  Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.


- Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.



-  Pulser digeser 1 ampe 2 mili…yang ini ane kurang fasih kenapa bisa bikim motor makin melesat, tapi ane praktekin hasilnya memang berasa kok. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.


- Last silahkan di cb Porting lubang in dan lubang out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.



Gmn??masih kurang kenceng jg sm motornya??wah brarti ente kudu bikin FU drag,,hahahha..,,bwad drag nanti di sambung lg ulasannya di Part 3 ya,,yg pasti jangan segan2 nanya sm para suhu fu yg laen,mreka pasti jg maw bantu koq.wokeh

Wednesday, 18 August 2010

Perhatikan Pola Makan Saat Puasa Gan


Puasa Ramadhan sebagai ibadah banyak manfaatnya bagi kesehatan. Supaya kedua tujuan itu dapat tercapai, perlu pengaturan pola makan secara khusus. Hal ini terutama pada pengaturan asupan gizi saat berbuka dan sahur.

Hindari es & balas dendam
Selama berpuasa terjadi perubahan pola makan dari tiga kali menjadi dua kali sehari dengan jadwal juga berubah. Perubahan frekuensi makan ini akan menurunkan jumlah zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, dalam seminggu pertama umumnya akan terjadi penurunan berat badan karena tubuh belum terbiasa dengan pola makan baru. Dalam minggu-minggu berikutnya, tubuh dapat beradaptasi terhadap perubahan.Pada saat berbuka sebaiknya tidak makan dan minum terlampau banyak sebagai tindakan “balas dendam”. Langsung makan makanan berat justru akan membebani kerja lambung yang sudah dibiarkan istirahat sekitar 13 jam. Untuk berbuka puasa, umumnya kita memulai dengan makanan manis-manis, mengikuti sunah Nabi, dengan tujuan agar tubuh segera mendapatkan glukosa untuk menormalkan gula darah yang menurun selama 13 jam berpuasa. 

Hindari minum minuman dingin atau yang dicampur es saat berbuka. Es dapat menahan rasa lapar sehingga hidangan lain yang lebih bergizi tidak dapat disantap. Akibatnya, hal itu akan mengurangi asupan zat gizi yang sangat diperlukan tubuh untuk memulihkan stamina. Pada saat sahur tidak disarankan mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan dengan tujuan menabung makanan. Konsumsi berlebihan justru memperburuk kondisi tubuh pada siang hari


Konsumsi cairan dan olahraga
Selama berpuasa, aturlah agar air yang diminum tetap sekitar 8 gelas per hari, seperti pada hari biasa. Caranya: minumlah 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah shalat tarawih hingga menjelang tidur, 1 gelas saat bangun tidur untuk sahur, dan 1-2 gelas lagi setelah sahur menjelang imsak. Alternatif waktu terbaik untuk olahraga bukan menjelang waktu berbuka karena kondisi gula darah sudah mendekati ambang di bawah 60 mg/dl. Saat yang paling tepat dan lebih rasional untuk berolahraga adalah seusai salat tarawih. Jenis olahraga sebaiknya yang ringan-ringan saja.

smoga berguna dan bikin puasa kita lebih khusu dan bermanfaat
Sumber kompas.com
Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tuesday, 17 August 2010

Suzuki Akan Ikut Ramaikan Pasar Sport Touring 150cc



Misteri Suzuki Thunder 150 nampaknya sedikit- demi sedikit mulai terungkap. Rencana Suzuki untuk memasukkan model Thunder berkapasitas 150 cc sudah hampir bisa dipastikan batal gan..,
Tapi santai, soale bwad gantinya PT Suzuki Indomobil Sales gk taunya lagi cb mengkaji lebih dalam bwad masukin motor sport anyar berkapasitas 150 cc, apalagi kl bukan menggunakan basis Suzuki GS 150 yang ada di India sono.Bahkan Suzuki udah ngasih liad contoh motor ini di beberapa diler-diler Suzuki dari seluruh Indonesia yang hadir dalam dealer meeting beberapa waktu lalu.



"Kalau untuk Thunder yang 150 sepertinya susah ya, karena modelnya tidak jauh berbeda dengan yang 125, padahal kita mau motor baru ini tampangnya beda," ujar Dept Head Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales Setiawan Surya beberapa waktu lalu.Lebih lagi Setiawan menuturkan bahwa selain masalah disain yang sebelas-dua belas diantara Thunder 125 dan Thunder 150, ada beberapa faktor lagi yang memberatkan."Seperti harga, harga Thunder 150 kalau kita paksakan sekarang masih tinggi dan tidak kompetitif," paparnya.


Namun begitu, Suzuki hingga sekarang belum bisa memastikan kapan waktu peluncuran motor anyarnya ini. "Sudah kita perlihatkan di dealer meeting untuk mengetahui respons mereka, kalau mereka suka, kita mau tanyakan dulu apakah India bisa membantu kita," jelas Setiawan.Suzuki GS 150 sendiri sebenarnya sebuah motor sport yang mengusung teknologi transmisi enam percepatan. Tampilan luar motor ini berotot gan,dengan garis disain tegas ala naked bike.Tapi bila pun jadi dimasukkan, Setiawan tidak bisa memberitahu apakah motor yang kemungkinan harganya tidak sampai Rp 20 jutaan ini akan mengusung nama besar Thunder ataukah akan diberi nama baru.

"Untuk itu (nama) belum tahu. Dan kalau ditanya kapan, saya hanya bisa bilang Insya Allah tahun depan bila hasil riset memungkinkan hal itu," tandasnya.




sumber s2w.com

Monday, 16 August 2010

Tips And Trik Upgrade Satria Fu ( Part 1 )

Hello guys,kali ini gw maw bahas sedikit niy gmn bikin FU tambah ngacir dengan formula sederhana sampe yang lumayan rumit,efeknya c sama,bikin Satria FU ente ngacir se ngacir²nye..1 hal lagi perlu di inget,logika ny tetep sama klo ente maw ngebut??terima konsekuensinye kudu boros,,kl gk maw boros ya mending jalan kaki aje,,wkkwkwkwk--kidding sob,,ok lets cekidot da tips yang udah gw kumpulin dari para suhu² terkemuka

Kali ini gw maw share dulu,Fu tuh ada 2 jenis di indo yakni yang BuilUp Thai,sama CKD Lokal..Serupa tapi tak sama,but jgn salah dari segi speed agak beda pastinya 11-12 lha..cuz gw sendiri d rumah ada 2 ekor FU,pny gw me kk gw,satu CBU satu CKD,.otomatis CBU unggul d sini,heueuueh..tapi yg CKD jgn kcil hati,wong bedanya cm tipis.so jgn segen klo ente pengen nambah performa motor.Simak aja dolo

Ubahan kecil pake barang2 siap saji  aj gaaaaaan :

-  Masalah klasik di karburator VU yg dari awal emang gk banget..apa lagi kl bukan pilot jet yg kkcilan.,ini lumayan bikin tarikan bawah jadi pendek,nafas susah naek,en nembaaaak duaaaaaar..solusi ganti dan naekin pake 15-17.5

- Tentu saja masalah saluran buang perlu di rubah,pilihan bs di sesuain dengan kebutuhan dan spek,maw harian smp kelas bantam jg ada..bwad kenalpot cek Disni…dan jangan lupa bos seting ulang lagi karbunya

- Ganti koil,ini bisa aplikasi berbagai jenis koil,mulai dari Xp,Blue Thunder,Protec Ultimate,RM,R9,TDR,Sampe Nology..Jgn lupa kl bisa yg udah pake Ground Wire and Kondensator terus pake yg zero Resistance Chop businya



- Ganti busi,Sektor pengapian emang paling gampang di benahin,bwad busi cb aja pake yang bahan dari iridium,dsini gw udah cicipin NGK sm Denso,,tp terserah ente lagi,personal taste c



- Booster bwad pengapian,dsini banyak banget alatnya yang jelas Plug en Play dan harga jg masih terjangkau



- Next CDI,lagi lagi sektor pengapian kudu di benahin lagi,dan kali ini fungsi niy kotak imut bawd ngejebol fungsi limiter pada CDI bawaan,jadi motor bs ente geber sm rpm 14rebu,cari lagi gan barangnya..bwad CDI option nya mah dah banyak,gk kek dulu jaman gw,ehuheuhe..Saran yg Adjustable aja,lebih nikmat..ahaiiii



- Sekarang saatnya Ganti Karbu ajah kl masih brasa kurang nampol jg,pk yg simple mulai dari mikuni 26 bawaax RX king,PE28,en kl masih kurang silahkan pake metode reamer karbu atw oversize smp 34,,lebih enak c pk yg PWK Sudco yaw,jgn lupa pake keran bengsin nya,heuehuhe…bwad saringan udara terserah ente dah,tp klo maw pk filter silahkan cari yg low budget TDR-Koso,,yg pnya buget lebih K&N..yg gk maw modal mending ente beli klem baru aja ukuran 28 trus pake filter standar,tapi copot saringan kertasnya



- potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.


sip harusnya c sgene aje motor Satria FU ente udah kuenceng,klo masih ngerasa kurang silahkan turunkan mesin anda dan ganti dengan mesin ninja150rr.hhahahahha...,kidding bro..tunggu kelanjutannya di part 2 yakss